Erlangen Overnight

Written by Linden, 18.02.2017

Sebagai mahasiswa di universitas friedrich alexander universität erlangen-nürnberg selama beberapa tahun ini, gua merasa hidup disini itu cuma belajar dan nonton youtube aja. Ya mau gimana lagi, erlangen kota kecil, mau kemana-mana naik sepeda udah bisa sampe dalam beberapa menit. Memang terbilang oke sih, jadi gak cape dijalan kalau mau ke kampus dan bisa hemat waktu yang nanti waktunya dipakai buat belajar atau nonton youtube, LoL. Kalau anak-anak indo yang tinggal di erlangen ditanya "kalau hang out, enaknya kemana?", ya jawabanya ke Nürnberg paling deket. Sampai ada yang bela-belain ke Nürnberg cuman buat beli KFC. Sedih, kan?

Tapi, gua disini mau menulis soal Erlangen. Jadi, ini cerita gua Overnight in Erlangen

Seperti anak-anak indo yang ada dikota lain, kalau kita kumpul-kumpul biasanya dirumah salah satu dari kita, terus masak masakan indo. Biasalah ngasih makan perut yang udah kangen masakan indo bertahun-tahun. Krecek, Ayam Bakar, Terong Balado, Nasi Goreng yang semuanya dimasak pedes banget level dewa sampe nangis berasa berpisah pertama kali sama keluarga pas mau kejerman ( Ini lebay, tapi jangan dihiraukan) dan masih banyak lagi. Acara kayak gini biasa berlangsung sampe malem banget. jangan lewat dari jam 12 malem deh, kecuali nginep. Karna untuk pulang setelah jam 12 malem itu susah. Gua pernah jalan kaki ke rumah sampe 45 menitan, untung waktu itu masih musim gugur belum musim dingin.

Nah, biasanya nih gua suka tiba-tiba ketemu temen gua dijalan kalau pas lagi dikota, yasudah lah kita ke starbucks nongkrong berduaan sampe lupa mau ngapain yang ujung-ujungnya malah pulang kerumah. Nah, meskipun erlangen kota kecil, tapi BUKAN DESA para pembaca setia. Masih ada starbucks yang terletak di Arcaden, satu-satunya mall di Erlangen, dimana kalian bakal menghapuskan semua dahaga kalian akan fashion (Kalau gua sih cuman ke H&M pas lagi diskon aja belanjanya). Ada tempat asik juga buat makan eskrim yang selalu bikin gua galau kalau mau beli, terlalu banyak variant rasa. Keperluan barang elektronik bisa dicari di SATURN. Sisanya bisa cek sendiri kalau main-main ke erlangen. Selain ada Arcaden, sepanjang jalan Hauptstraße yang melalui Hugennotenplatz bisa ditemukan tempat-tempat belanja lain. Beli buku bisa di Thalia di Hugennotenplatz, letaknya ga jauh dari Hauptbahnhof. Pokoknya kalian masih bakal menemukan apapun yang kalian butuhkan.

Sebelumnya gua mentioned nongkrong di starbucks, masih ada tempat lain yang enak buat dipake ngobrol-ngobrol kecil sama temen-temen. Misal, di Mr. Black, cafè yang tempatnya lumayan buat menikmati kopi sambil ngomongin klausur yang susah banget pas hari itu. Gua suka mojok juga sama seseorang di der Beck deket Hauptbahnhof, tempatnya cozy dan pastrynya oke. Masih banyak cafè didaerah Lorlebergplatz atau ke arah Martin Luther Platz. Mau fancy dan agak mahal, kalian bisa ke Zen misal. Mau makan 3 Gänge tapi murah, ke Sangam pas Mittagsmenü. Kalau HiroSakao makan makanan jepang, sushi, bento, tempura dll. Terus ada TIO, bar dan italian resto, salah satu temen gua ada yang demen banget ke TIO ga ngerti lagi. Mau makan something american? Ada Arizona, terakhir kesana makan buritto dan lumayan enak, bisa dicoba. Malem-malem nongkrong di Manhattan deket Arcaden juga bukan ide yang buruk, oke banget malah. Disebelahnya ada kino kecil dengan vibe vintage and jazzy (Ini dari perspektiv gua ya), lucu banget kalau dipake buat pacaran, terus nonton romantic drama movie. Buat makan Pho, ada pho hanoi atau pho saigon atau di kimsa, semuanya murah dan bikin puas perut dan lidah. Masih banyak tempat makan di erlangen, kalian bisa cek di internet atau roaming around erlangen.


...
Typical Starbucks At Night

Erlangen, walau kota kecil, tapi masih punya dunia malam juga buat student-student. Biasanya, party diadain oleh studentenwohnheim tertentu. Kalau ada temen yang tinggal di wohnheim tersebut, bisa nebeng-nebeng ikut party. Tempat khusus party juga ada, misal E-werk, Bombe, Zirkel. Tempat- tempat kayak gini bakal penuh banget kalau pas ada acara Bergkirchweih, acara semacam oktoberfest yang berlangsung di erlangen untuk menyambut musim panas. Selain party, mau nonton movie dibioskop ada CineStar atau bioskop-bioskop kecil yang tersembunyi

Sebenernya tinggal di erlangen ngga bikin kalian mati gaya juga kok. Masih banyak aktifitas seru yang bisa dilakukan bareng temen-temen. Yes, that's the point "Friends". Selama ada mereka hidup dikota kecil bisa lebih berwarna. So, jangan takut untuk kuliah atau praktikum di Erlangen, hanya karna ruang gerak kalian limited dan jangan sungkan buat temen-teman lain yang mau berkunjung ke erlangen. Feel free to explore and find the unexpected things.

Have fun overnight in Erlangen!


About author


Linden

Sebutir bibit dari indonesia yang sedang tumbuh bertunas ditanah jerman. Pohon kecil ini mencoba bertahan hidup di 4 musim, beberapa rantingnya sudah patah, sakit, sakit.

Namun, dengan harapan berbuah manis dimasa depan dan bisa berbagi apa yang telah dihasilkan, ia masih tertanam kokoh tak menyerah ditanah asing.