Bamberg

Written by Tyas Mekar Sari, 13.05.2016

map_bamberg

Kota Bamberg

Bamberg, kota berpenghuni sekitar 73000 penduduk terletak di wilayah Oberfranken, Bayern,dengan warisan sejarah yang masih terjaga, menyambut para mahasiswa yang telah memutuskan untuk memilih Bamberg sebagai tempat studi. Sebelum memulai hidup dan menjadi bagian dari Bamberg, mari sekilas mengenal Bamberg.

Mahasiswa yang terdaftar di Uni-Bamberg akan dikenakan iuran dari jumlah keseluruhan Semesterbeitrag 88 Euro, 38 Euro dari jumlah tersebut akan dialokasikan untuk Semesterticket. Kartu mahasiswa yang telah tervalidasi berlaku untuk enam bulan (1 Oktober-31 Maret, 1 April-30 September) yang bisa digunakan sebagai tiket untuk menggunakan fasilitas tranportasi umum jarak dekat (bus atau kereta regional kl.2 dari DB(RE,RB,S, Ag)) yang beroperasi di wilayah Bamberg dan sekitar (juga Bischberg, Gundelsheim, Memmelsdorf, Stegaurauch).

Semesterticket uni Bamberg akan berlaku hingga stasiun-stasiun berikut:

• Bamberg - Oberhaid
• Bamberg - Hallstadt - Breitengüßbach - Ebing - Zapfendorf
• Bamberg - Hallstadt - Breitengüßbach - Baunach - Reckendorf - Manndorf
• Bamberg - Strullendorf - Hirschaid – Buttenheim

Info Essential


Mencari apartemen di Bamberg bisa dikatakan gampang-gampang susah, mengingat setiap semester terdapat banyak mahasiswa baru yang juga berburu tempat tinggal dengan harga terjangkau dan nyaman, faktor keberuntungan berperan disini apakah kamu bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan apartemen atau tidak. Selain mencari WG atau Einzelwohnung secara online di internet melalui situs seperti www.wg-gesucht.de

Di Bamberg, terdapat banyak Studentenwohnheim yang bisa jadi pilihan yang cocok untuk mahasiswa dengan harga sewa kisaran 200an Euro hingga 500 Euro, dengan Kaution antara 250-1000 Euro. Informasi mengenai daftar Studentenwohnheim bisa dilihat di link yg kami berikan dibawah .

Harga yang ditawarkan sangat bervariasi yaitu berkisar antara 180-350 Euro per bulan. Namun, harga tersebut tidak inkulsiv dengan biaya listrik dan air yang berkisar antara 19-30 Euro dan berlaku di Studio appartement atau akan lebih mahal di Wohnung privat. Berikut link-link yang bisa dikunjungi untuk pencarian tempat tinggal.


List Website untuk mencari rumah di Bamberg :


...
Studentenwerk
...
Feki
...
WG Gesucht

...
Otto Friedrich Universitat Bamberg

Otto-Friedrich-Universität Bamberg (Uni-Bamberg) dengan jumlah mahasiswanya mencapai 13500 an memiliki empat fakultas yang ditawarkan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di kota Bamberg. Empat fakultas tersebut adalah Geistes- und Kulturwissenschaften (GuK), Sozial und Wissenschaften (SoWi), Wirtschafts-und die Angewandte Informatik (WIAI), dengan jurusan beragam untuk program bachelor, master, maupun Lehramt (keguruan), dari alphabet A hingga W, jurusan-jurusan yang ditawarkan seperti Allgemeine Sprachwissenschaft, Angewandte Informatik, Anglistik, Arabistik, juga Archäologie hinga ke W seperti Wirthschaftsinformatik dan Wirthschaftpädagogik.

Jurusan-jurusan lain seperti Germanistik, Gesichte, Islamwissenschaften, Psychologie, Slavistik dan Theologie juga bisa ditemui. Bagunan Uni- Bamberg yang terletak menyebar di seluruh penjuru kota Bamberg mulai dari daerah Erba, Innenstadt (tengah kota), Markusplatz, Am Kranen hingga Feldkirchenstraβe, yang kesemuanya bisa dijangkau dengan mudah oleh mahasiswa baik dengan berjalan kaki, naik sepeda atau pun bus. Juga perpustakaan yang tersebar di enam titik (Teilbibliothek 1-5 dan ERBA-Bibliothek) dengan koleksi dalam jumlah besar, mulai dari buku-buku, koran, E-book, bank data online, merupakan rumah kedua mahasiswa tidak hanya menjelang ujian maupun di hari-hari reguler perkuliahan.

Akses online untuk arus peminjaman buku bisa dicek di Bamberger Katalog https://www.uni-bamberg.de/ub/ yang juga melayani peminjaman jarak jauh. Selanjutnya bagi para polyglot yang ingin menambah kemampuan berbahasa, Uni-Bamberg melalui Sprachenzentrum menawarkan berbagai program kursus bahasa mulai dari bahasa Inggris untuk tingkat lanjut, bahasa Roman, bahasa Slavia, Mandarin, atau juga latin. Kemampuan bahasa itu nantinya bisa digunakan untuk meraih kesempatan untuk program pertukaran mahasiswa di kampus mitra di berbagai penjuru dunia juga terbuka bagi mahasiswa Bamberg. Info lebih lanjut mengenai Uni-Bamberg bisa dilihat di


...
Alte Hofhaltung
...
Untere Brucke
...
Little Venice

Bamberg disebut juga kota tujuh bukit tercatat dalam daftar warisan dunia yang dilindungi UNESCO sejak 1993. Lepas dari Obstmarktstr. Sedikit berjalan kearah Jembatan-jembatan cantik Untere Brücke dan Obere Brücke yang dihubungakan oleh Alte Rathaus melintasi sungai Regnitz mengantar kalian memasuki kota tua, selanjutnya jalan-jalan kecil kota akan membawa kalian ke dalam suasana kembali ke perabadaban masa lalu, bangunan-bangunan rumah tua penduduk gaya barok, gang-gang kecil di sudut-sudut kota, toko-toko kecil, baik barang antik maupun souvernir bisa ditemukan, cafe-cafe kecil dan restaurant juga mudah di temui yang sangat ramai di musim panas.

Dari sisi lain yang tidak jauh dari Obere brücke terdapat pemandangan deretan rumah nelayan di sepanjang sungai Regnitz yang karena keindahannya dijuluki “klein Venedig”, Venesia kecil. Bagi peminat bir, kiranya takkan melewatkan bar abad pertengahan Schlenkerla dengan Rauchbiernya yang terkenal, Bamberg yang juga dikenal kota bir memiliki beragam Bauerei dan tentu jenis bir yang menarik ribuan turis untuk ke mari, pada kesempatan tertentu juga ditawarkan tur khusus melintasi Bierkeller bawah tanah yang juga merupakan daya tarik lain kota Bamberg.

Dari Schlenkerla berjalan lurus sedikit ke atas, kalian akan menemui Dom seribu tahun bergaya gotik yang memiliki empat menara, kemudian masih dalam satu kawasan, terletak di samping lokasi Dom akan kalian temui Alte Hofhaltung dari abad 16 dengan gaya Renaissance yang ratusan tahun berfungsi hunian dari furstbischof yang kini difungsikan sebagai musium, kemudian keindahan taman mawar di Neue Residenz saat musim panas. Bagi kalian yang senang berjalan kaki, dari wilayah dom bisa kalian tempuh lintasan menuju kastil abad pertengahan Altenburg yang terletak di bukit tertinggi Bamberg, bisa dijadikan pilihan. Dari Altenburg yang juga memiliki menara setinggi 33 meter, pemandangan seluruh kota tua dari atas akan terlihat sangat menakjubkan.

Galery


About author


Tyas Mekar Sari

Tyas Mekar Sari Sekarang menjabat sebagai kordinator seni dan kebudayaan di kepengurusan PPI Franken 2016 - 2017

Dia Di jerman sejak 2013 dan sekarang sedang berkuliah di otto friedrich Universitat Bamberg dan mengambil jurusan Germanistik di semester 3