Rothenburg Ob Der Trauber

Written by Tyas Mekar Sari, 18.02.2017

map_rothenburg

Kota Rothenburg Ob Der Trauber

Kembali menjelajahi kota-kota indah di wilayah Franken, Bayern, orang akan mendengar nama Rothenburg ob der Tauber sebuah kota yang terletak sekitar 76 km dari kota Nürnberg. Berada di distrik Ansbach (will. Franken bangian tengah), kota berpopulasi kurang lebih 11000 penduduk ini, bukan kota universitas seperti beberapa kota lain di Franken yang sering menjadi tujuan mahasiswa asing seperti Nürnberg, Erlangen atau Bamberg. Namun segala pesona dari kota ini layak dijadikan referensi dalam daftar wisata keliling Franken. Sebagai representasi dari keindahan abad pertengahan yang masih terjaga, Rothenburg adalah salah satu kota yang menjadi tujuan para turis dari seluruh dunia. Menjelajahi sudut-sudut kota ini, kita akan dibawa kembali ke era Renaissance abad pertengahan., karena di sana bisa ditemui menara-menara tua, gang-gang kecil dan rumah-rumah kuno, taman-taman, juga gereja-gereja indah yang kesemuanya terjaga dengan apik dan membawa kesan romantis bagi para pengunjung. Hal itu barang-kali yang membuat kota cantik ini menjadi bagian daripada jalur romantis bagian selatan Jerman yang bersambung ke Füssen, kota di mana kastil Neuschweinstein berada.

Sekilas dalam sejarah

Nama „Rothenburg ob der Tauber“ bisa berarti „benteng merah di atas sungai Tauber“ karena kota terletak di atas sungai Tauber, kemudian versi lain kata Rothenburg berasal dari dua kata rot yang berarti merah dan burg yang merupakan benteng pertahanan di abad pertengahan, sebagian juga berpendapat jika kata Rothenburg berarti rumah-rumah penduduk yang beratap merah jika dilihat dari atas sungai. Kota ini sudah disebutkan sejak tahun 970, dan menjadi bagian dari gejolak reformasi Martin Luther sekaligus juga perang 30 tahun yang sedikit banyak mengubah kondisi politik Rothenburg ob der Tauber kala itu. Selanjutnya di era lebih modern, pada masa perang dunia kedua, kota Rothenburg der Tauber menjadi saksi betapa kelamnya perang, akibat serangan bom dari tentara Amerika yang ditujukan bagi tentara Jerman yang diposkan di sana, lebih dari 40 % bangunan di kota ini dibom oleh sekutu, dan kemudian pasca perang direnovasi ulang seperti bagunan original.

Barang-barang yang diproduksi di daerah ini juga termasuk peralatan listrik, produk mekanik dan optik, kendaraan bermotor, perlengkapan menulis dan menggambar, produk alat tulis, dan barang cetakan. Kota ini juga kuat di bidang otomasi, energi, dan teknologi medis. Siemens masih sebagai industrial employer terbesar di kawasan Nuremberg, namun sepertiga dari pasar lembaga riset terbaik Jerman juga terletak di kota ini. Nuremberg International Toy Fair adalah yang terbesar dari jenisnya di dunia. Kota ini juga menjadi tuan rumah beberapa pameran hi-tech spesialis setiap tahun, menarik para ahli dari seluruh penjuru dunia.

Info Wisata

Karna Rothenburg O.d.T ini minim sekali pelajar mahasiswanya, jadi kali ini kami akan melakukan sedikit ulasan yg berbeda. kali ini kami akan coba meng-emphasize faktor pariwisatanya saja. dan membiarkan faktor -Study- dan -Rumah- terbuka untuk future update.



Sebagai kota pariwisata tentunya Rothenburg der Tauber memiliki banyak tujuan objek wisata yang layak untuk dikunjungi para turis semisal balai kota (Rathaus) Rothenburg, juga Rothenburger Marktplatz yang menjadi pusat kota tempat bertemunya penduduk lokal maupun turis dan berbagai acara hiburan yang diselengarakan di sana, terdapat juga Plönlein yang tidak boleh dilewatkan pecinta fotografi, Plönlein yang berasal dari bahasa latin planum atau tempat yang datar, merupakan spot yang terkenal di Rothenburg yang menjadi daya tarik wisata dengan pemandangan bangunan rumah kuno, juga air mancur, serta untuk melengkapi itu terdapat juga menara tua yang memperkuat kesan abad pertengahan.

Untuk Selanjutnya untuk para peminat sejarah bisa mengunjungi museum-museum yang terdapat di kota Rothenburg der Tauber seperti Kriminalmuseum (museum kriminal) yang memamerkan bagaiman bentuk hukuman dalam kurun waktu seribu tahun dan peralatan untuk menghukum para tahanan pada abad pertengahan. juga Imperial City Museum (Reichsstadtmuseum) dengan koleksi senjata-senjatanya. Bagi pecinta mainan antik Doll and Toy Museum (Puppen- und Spielzeugmuseum), juga terdapat Shepherds' Dance Museum (Schäfertanz Museum) dan para pengagum natal Christmas Museum (Weihnachtsmuseum "Käthe Wohlfahrt"), untuk para pecinta kerajinan tangan terdapat Craft House (Handwerkerhaus) yang memamerkan kehidupan pengrajin di Rothenburg dan kalah menarik adalah terowongan bawah tanah kota.

Selain itu bagi para pecinta Festival, Rothenburg sebagai tuan rumah akan menawarkan berbagai macam acara yang bernilai historis maupun kultural, yang menghibur para pengunjungnya, sebut saja festifal-festival untuk menyambut musim semi yang diperuntukkan untuk seluruh keluarga dengan berbagai atraksi hiburan Frühlingserwachen, Frühlings-Stadtmosphäre. Ada juga Historischer Schäfertanz yang menampilkan tari-tarian dan musik berlatar sejarah di sekitaran Marktplatz, selanjutnya Rothenburger Volksfest mit Krämermarkt untuk menyambut awal musim panas, bagi pecinta musik orkestra Ambassadors of Music menawarkan program yang menarik oleh berbagai grup dari Amerika Serikat, juga bagi pecinta musik rock Taubertal-Festival dengan konser open-air siap mengoyang para pengunjung. Selanjutnya untuk menyambut musim gugur terdapat Rothenburger Herbstmesse, ada juga Rothenburger Märchenzauber yang menyulap kota bak negeri dongeng, dan untuk menyambut natal Alt-Rothenburger Reiterlesmarkt dengan sejarah ratusan tahun merupakan salah satu pasar natal terindah di Jerman.

Yang tak kalah menarik jika membicarakan kota ini adalah tentang Rothenburg dan industri film, karena keindahan kota tuanya Rothenburg ob der Tauber kerap dijadikan lokasi pengambilan gambar film-film bergenre fantasi, beberapa film yang sempat berlokasi syuting di Rothenburg der Tauber antara lain: tahun 1940 film produksi Walt Disney Pinocchio. Sebagian dari gambar kota muncul dalam film The Wonderful World of the Brothers Grimm. Kabarnya pengambilam gambar film Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 1 (2010) dan Part 2 (2011) juga dilakukan di kota ini, meski konon karena berbagai sebab tidak jadi ditampilkan.



Bedasarkan paparan di atas tentu bagi pendatang baru di wilayah Franken tentu tidak akan rugi jika mengunjungi Rothenburg ob der Tauber dan menjadikannya kota favorit di antara kota-kota lain di Franken atau bahkan di Jerman,

Transportasi ke Rothenburg Ob Der Trauber ini sangat mudah dan murah. dari nürnberg kalian hanya perlu menaiki RE (Regional Exspress) lokal dengan umsteigen sekitar 3 kali. dengan jarak waktu sekitar 1 jam 20 menitan. dengan jarak yg relativ dekat ini, kalian sangat bisa untuk melakukan daytrip dari Nürnberg ke Rothenburg O.d.T ini. dan kabar baiknya lagi, untuk student di TH Ohm, dan FAU. Semester ticket kita sudah termasuk ke Rothenburg O.d.T !!! untuk pelajar dari kampus lain, mungkin harus merogoh kocek sekitar 10 Euro-an untuk membeli tages ticket. but hey, trust me, ITS WORTH IT !

Galery


About author


Tyas Mekar Sari

Tyas Mekar Sari Sekarang menjabat sebagai kordinator seni dan kebudayaan di kepengurusan PPI Franken 2016 - 2017

Dia Di jerman sejak 2013 dan sekarang sedang berkuliah di otto friedrich Universitat Bamberg dan mengambil jurusan Germanistik di semester 3