Schweinfurt

Written by Betharie Cendera Arrahmani, 13.02.2017

map_wurzburg

Kota Schweinfurt

Schweinfurt adalah sebuah kota otonom di wilayah Bawah Franken dari Bavaria, Jerman. Kota ini berada di sisi kanan Sungai Main yang telah dikanalisasi, yang di sini membentang beberapa jembatan. Kota ini berada 27 kilometer di timur laut Würzburg. Nama kota ini berarti "arungan babi”. Pada abad 21, Schweinfurt terkenal dengan slogan “Industri dan Seni”.

Schweinfurt saat ini kota industri yang paling penting di Bavaria utara dan dianggap sebagai modal dunia bantalan bola (ball bearing). Perusahaan ball bearing terbesar di dunia dan terbesar kedua (SKF dan Schaeffler) memiliki pabrik terbesar di Schweinfurt, di mana cabang dari perusahaan besar lainnya juga terletak di sini. Berikut merupakan nama-nama perusahaan yang mendirikan pabrik di Schweinfurt: FAG Kugelfischer, ZF Sachs AG, Bosch Rexroth, Fresenius Medical Care, dan SKF. Kota ini memiliki tingkat kepadatan pekerjaan tertinggi di antara kota-kota di Bavaria dan menurut Kementerian Ekonomi Jerman pada tahun 2010, Schweinfurt memiliki GDP tertinggi di Bavaria dan urutan ketiga setelah Wolfsburg dan Frankfurt am Main. Jumlah penduduk di Schweinfurt adalah 97.900 jiwa (2015). Kota ini terletak di urutan ke-83 di Jerman.

Beberapa penemuan penting datang dari Schweinfurt: Bantalan (bearing) Friedrich Fischer (1884), sepeda freewheel (1889) dan coaster brake (1903) oleh Ernst Sachs, dan inline skate yang modern (1978) dari SKF. Akademi meneliti alam tertua di dunia didirikan di Schweinfurt pada tahun 1652 yaitu Academy Jerman Ilmu Leopoldina didirikan. Sekarang akademi ini memiliki kantor pusat di Halle (Saale) dan pada tahun 2008 berubah nama menjadiNational Academy of Sciences.

Menurut sebuah studi terbaru oleh Swiss Institute of Economic, Schweinfurt adalah salah satu kota yang paling cepat berkembang di Jerman. Penelitian ini menegaskan kota, antara lain, konsentrasi tertinggi pekerjaan di Jerman dengan sangat tinggi Beschäftigungsanteil (share kerja) di sektor teknologi tinggi Jerman. Studi Contor-2010 menyatakan Schweinfurt sebagai salah satu kota yang paling dinamis di Eropa dalam hal peluang pengembangan. Dari peringkat 63 pada tahun 2007, kota ini secara signifikan meningkatkan peringkat 16 pada tahun 2010.

Info Essential


Tipe akomodasi di Schweinfurt untuk para pelajar ialah single apartment/room atau shared flat yang disediakan oleh pihak asrama pelajar (Studentenwohnheim) dan perseorangan (privat). Para pendatang dapat mencari akomodasi dengan apply langsung di website asrama, mencari di website-website penyedia akomodasi lainnya, atau melihat di papan informasi di kampus. Harga yang ditawarkan berkisar antara 175 - 300 euro termasuk listrik dan gas.

List Website untuk mencari rumah di Schweinfurt :


...
Studentenwerk
...
Wohnungboerse
...
WG Gesucht

...
Fachochschule Würzburg - Scweinfurt

Schweinfurt hanya memiliki satu perguruan tinggi yaitu Fachhochschule Würzburg-Schweinfurt. Sebenarnya perguruan tinggi ini memiliki dua kampus yang terletak di kota yang berbeda, Würzburg dan Schweinfurt. Di daerah Schweinfurt hanya terdapat jurusan-jurusan teknik, seperti Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknomatematik, Teknik Elektro, dan Mekatronik. Sedangkan kampus Würzburg hanya untuk jurusan-jurusan Schweinfurt. Namun demikian Semesterticket yang diberikan oleh kampus tidak termasuk tiket kereta Schweinfurt-Würzburg.

University of Applied Sciences Würzburg-Schweinfurt bangunan utama di pusat kota Universitas of Applied Sciences Würzburg-Schweinfurt didirikan pada tahun 1971 sebagai lembaga teknologi dengan departemen di Würzburg dan Schweinfurt. Akademik disiplin di universitas ini antara lain arsitektur, ekonomi bisnis, usaha informatika, teknik sipil, teknik komputasi, ilmu komputer, teknik elektro, teknik manajemen, geodesi, desain grafis, logistik, teknik mesin, media, teori keperawatan, rekayasa plastik, pekerjaan sosial. Dengan hampir 8.000 siswa menjadikan universitas ini terbesar kedua untuk ilmu terapan di Franconia.

Sehingga pelajar di Schweinfurt hanya membayar 80 euro untuk Semesterticket di area Schweinfurt dan pelajar di Würzburg membayar sekitar 112 euro untuk Semesterticket di area Würzburg. Terdapat 2 bangunan kampus di Schweinfurt yang terpisahkan dengan jarak sekitar kurang lebih 800m. Pihak kampus bekerja sama dengan perusahaan bus kota menyediakan Campus Express yang hanya beroperasi selama periode kuliah dengan rute stasiun kereta - kampus 1 - kampus 2 - stasiun kereta. Jumlah mahasiswa di Schweinfurt sendiri berkisar 3500 mahasiswa. Dikelilinginya Schweinfurt dengan perusahaan-perusahaan besar, biaya hidup yang rendah, dan adanya program sarjana berbahasa Inggris merupakan hal yang menarik bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studi di jerman


...
Wurzburg Residenz

Dikarenakan luas Schweinfurt yang kecil (35,7 km2), hanya terdapat 3 stasiun kereta dan modal transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya dengan bus kota. Penduduk Schweinfurt pun terbiasa dengan berjalan kaki atau bersepeda untuk menuju ke suatu tempat. Pelajar tidak perlu untuk membayar tiket bus kota karena tiket bus kota sudah termasuk dengan Semesterticket.

Galery


About author


Betharie Cendera Arrahmani

Betharie Cendera Arrahmani Sekarang menjabat sebagai kordinator Kota Schweinfurt di kepengurusan PPI Franken 2016 - 2017

Dia Di jerman sejak 2015 dan sekarang sedang berkuliah di fh Wurzburg Schweinfurt dan mengambil jurusan Business and Engineering, Sem 4